Thursday, December 4, 2008

Beruas- PremnaMicrophylla-Sancang


Sebelum pengubahsuaian.


Selepas pengubahsuaian dan simulasi pokok.

3 comments:

Pak Sulis Mirten said...

Lagi buwat ap sifu Bohori? Gimana punya kbr? Ap sehat2 ke? Waduh bayak sekali pohon2 yg punya kualitas tingi. Sampe q gak taw mau komentar nya di mana.
Gimana sifu rencanain maw di bikin gaya sancang ini? Maksud q,dari gayak foto pohon yg sifu rencanain maw jadi nya,apa persyaratan dasar nya?

Pak Sulis Mirten said...

Q ingin belajar sama sifu Bohori,lantas q komentar nya gini. Minta sifu Bohori tunjukin di mana salah q ya.
Guru q minitip kan pesan,
Bahan bonsai Wahong milik sifu Bohori ini masih merupakan bahan pada tahap training awal; ini terlihat dari belum ada nya fitur percabangan yg ideal tuk dibentuk. Asli pohon nya kelihatan nya pemilik asal nya belum belum mempunyai suatu rencana jelas desain yg ingin di buwat karena belum kelihatan kemana gerak garis utama nya. Penting bagi arah garis sesuatu pohon tersebut gak merusak keseimbangan optik dari komposisi keseluruhan; serta butuh jelas fungsi2 gerak garis tersebut dalam pembentukan komposis. Sebaik nya sejak awal programming,kita udah harus mempunyai suatu ide atau konsep desain sehingga traning percabanagan nya lebih terarah dan terfokus tanpa membuang energi pertumbuhan ke anatomi yg gak perlu. Salah satu cara program yg baik adalah coba membuat suatu sketch kasar seperti mana di buwat oleh sifu Bohori, bentuk komposisi degan tata letak kanopi yg di inginin; dengan demikian bonsai tersebut akan lebih cepat jadi dan pertumbuhan semua elemen anatomi nya lebih terarah dan terkontrol. Gimana komentar sifu?

Mat Yie said...

Hai pak Sulis,

Saya baru pulang dari penang dan kbr baik. Saya kira Pak lebih ketahui dari saya, cuma bagi saya setiap pokok yg ingin dibonsaikan haruslah ditanam dengan cara yg betul dahulu barulah di fikir di mana mau di letakkan crown dan konopinya.
nya. Gaya pokok haruslah juga mengikut keadaan pokok tersebut walaupun kita mempunyai citarasa tersendiri. Apa yg Pak Sulis terangkan itu tidak ada salahnya dan semuanya benar jadi rasanya saya tak perlu komentar2 lagi. Saya dapat rasakan Pak Sulis seorang genius dan terima kasih kerana sudi berkongsi pengetahuan dengan saya dan rakan2 dalam blog ini, sampai ketemu lagi.